Rakmacka pa kavring med citron, majonas och AGG

10 Makanan Khas Swedia Yang Sangat Unik

10 Makanan Khas Swedia Yang Sangat Unik – Negara Swedia dikenal dengan produk mobil bermerk Volvo. Bukan hanya mobil saja, ternyata negara ini juga memiliki berbagai macam kuliner yang unik dan khas. Mulai dari smorgasbord, gravalax, kottbullar hingga lingon berry yang segar. Semuanya diolah langsung oleh chef dari Swedia dan disajikan hangat dan sanagt cocok dijadikan santapan siang dan malam. Berikut akan kami ulas 10 makanan Swedia yang memiliki cita rasa khas dan tentunya paling lezat.

1. Tunna Pannkakor

Tunna Pannkakor

Pancake Swedia ini tidak begitu tebal seperti kebanyakan pancake yang kita kenal, orang Swedia membuatnya lebih seperti makanan yang berasal dai Perancis yaitu crepes. Disajikan dengan whipped cream dan buah. Pancake tipis ini adalah salah satu makanan terbaik Swedia.

2. Rakmacka pa kavring med citron, majonas och AGG

Rakmacka pa kavring med citron, majonas och AGG

Sandwich udang Swedia yang disajikan dengan lemon, telur rebus dan mayonaise ini bernama hamburger Gothenburg, makanan ini akan membuat Anda ingin makan terus, tak peduli dari mana Anda berasal.

3. Kaldormar

Kaldormar

Makanan yang berbahan utama daging dengan kualitas baik ini dimasak di dalam daun kubis, kemudian disajikan dengan irisan timun acar, lingonberries, dan kentang tumbuk. Kaldolmar merupakan Salah satu makanan terbaik yang pernah ada didunia.

4. Gubbrora

Gubbrora

Hash merupakan hidangan daging dan kentang yang digoreng lezat ini campuran dari telur rebus, krim asam, cincang halus bawang, ikan asin cincang halus, dan banyak dill (daun adas manis). Memakannya dengan knackebrod (roti krispi) atau dengan porongan flatbreads lembut lebih nikmat lagi.

5. Isterband med dillstuvad potatis och inlagda rodbetor

Isterband med dillstuvad potatis och inlagda rodbetor

Isterband adalah sosis bertekstur kasar-grained dengan rasa sedikit asam. Salah satu isterband paling terkenal berasal dari Smaland, sebuah wilayah di selatan Swedia. Anda dapat menemukan sosis ini di setiap supermarket di Swedia, tetapi Anda juga dapat membuatnya sendiri. Cara terbaik penyajian makanan ini adalah dengan rebusan kentang dengan banyak ptotongan dill, acar bit, disertai mustard manis dan pedas.

6. Stekt stromming potatismos med, persiljesmor och rarorda Lingon

Stekt stromming potatismos med, persiljesmor och rarorda Lingon

Sebelum McDonald dibuka di sini, makanan jenis ini merupakan satu-satunya makanan cepat saji yang ada di Swedia. Makanan ini juga terkenal akan kelezatannya namun harganya cukup terjangkau  yang bisa Anda dapatkan. Makanan ini dapat disajikan dengan tambahan irisan timun dan bawang merah untuk hidangan.

7. Blodpudding Lingon med

Blodpudding Lingon med

Mungkin terdengar aneh bagi mereka yang tidak pernah tahu makanan ini, tapi bagi orang Swedia makanan ini sangat lezat. Blodpudding dibuat dari darah babi dan tepung. Kebanyakan Swedia membelinya di supermarket, blodpuding dipotong dan digoreng dengan mentega, serta disajikan dengan lingonberries.

8. Renskavsgryta

Renskavsgryta

Hidangan ini merupakan sup klasik dari Norrbotten (Swedia Utara). Daging rusa kering lezat yang digoreng dengan mentega, dicampur dengan buah juniper menambahkan rasa bersahaja, dan krim yang membuat makanan ini terasa lembut saat disantap.

9. Smorgastarta

Smorgastarta

Ini adalah kue sandwich dengan mayonais, dill, dan topping seafood biasanya menjadi hidangan meriah yang disajikan di pesta-pesta musim panas dan pertemuan keluarga.

10. Paron Inkokta

 Paron Inkokta

Asinan buah pir ini dapat meniup pikiran Anda dengan rasanya yang unik. Makanan ini berbahan utama Pir yang direbus dalam campuran kayu manis, vanili, dan / atau kapulaga kemudian disajikan dengan whipped cream.

Itulah 10 Makanan paling lezat dari Swedia, bagi Anda yang akan berkunjung ke sana, jangan pulang tanpa mencoba beberapa makanan tersebut.