Cita Rasa Sate Berbeda Tiap Daerah

Cita Rasa Sate Berbeda Tiap Daerah – Siapa yang tidak kenal jenis makanan yang satu ini, makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyrakat. Makanan yang terbuat dari olahan daging sapi atau ayam ini yang ditusuk dengan lidi yang kemudian dibakar diatas bara api yang kemudian disiram dengan bumbu. Selain terbuat dari daging sapi dan daging ayam, sate juga ada yang menggunakan daging kambing, daging domba, dagin kelinci hingga jeroan sapi pun tak luput dijadikan sate.

Sate yang merupakan makanan favorit diberbagai kalangan ini, kini telah mudah untuk dijumpai seperti pedangang sate keliling, pedagang kaki lima hingga makanan yang satu ini juga bahkan sudah merambah dimenu resturant. Bahan olahan daging untuk membuat sate relatif hampir mirip hanya saja pada rasa dari bumbunya yang digunakan itu berbeda-beda disetiap daerah di Indonesia.

Sete biasanya disajikan dengan menggunakan saus, yang dapat berupa bumbu kecap, bumbu kacang atau juga dengan bumbu khas padang. Selain itu, sate juga lebih nikmat jika dihidangkan dengan nasi ataupun ketupat lontong. Pada awalnya, sate ini terkenal dipulau Madura, bahan yang digunakan hanya daging ayam dan juga kambing yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang sudah diolah dengan campuran kecap manis, gula jawa, bawang putih, kemiri, garam dan petis.

Untuk sate ayam sendiri biasa dilumuri dengan bumbu kacang diatasnya, sedangkna untuk sate kambing hanya menggunakan kecap manis yang ditambah dengan irisan bawang merah. Dan satu makannan ynag juga merupakan olahn dari sate didaerah lain adalah Sate khas dari tanah Minang, Sate Padang yang merupakan makanan yang paling terkenal seantero nusantara.

Untuk pengolahan Sate padang ini sedikit berbeda dengan Sate khas Madura. Dimana untuk Sate Padang ini sendiri terbuat dari daging sapi dan juga jeroan sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah khas daerah padang. Yang paling terlihat perbedaannya dari sate Madura adalah, untuk sate padang ini sendiri menggunakan bumbu kuning yang berupa campuran dari kaldu daging, kunyit, jahe, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bawang putih hingga bubuk kari.

Akan tetapi, Sate Padang ini mempunyai dua macam yaitu Sate padang Pariaman dan Sate Padang Panjang. Meskipun memiliki meme3liki tampilan dan juga tekstur yang sama, namun yang membedakannya adalah rasa dari bumbu kuningnya. Dan satu lagi jenis sate yang juga tak kalah populer yaitu sate Ponorogo yang terbuat dengan daging ayam yang sudah direndam dengan saus kecap. Bumbu yang digunkn untuk melumuri sate ponorogo ini adalah bumbu kacang dan juga sambal irisan dari bawang merah serta cabe rawit.