Pizza

Makanan Lezat Dan Unik Dari Italia

Makanan Lezat Dan Unik Dari Italia – Italia merupakan sebuah negara yang paling eksotis di Eropa. Tak hanya unggul pada nilai budaya yang tinggi seperti seni rupa, teater dan mode, namun negara ini juga memiliki makanan unik dan khas yang kelezatannya tak perlu lagi diragukan. Sekarang ini masakan Italia bahkan dapat ditemui di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang sangat lezat dan nikmat .

Berikut ini tersaji daftar 10 makanan khas Italia paling enak. Tak hanya Pizza, ternyata ada banyak kuliner negeri sepakbola ini yang layak dicicipi. Semoga setelah membaca artikel ini bisa menjadi referensi yang berguna ketika anda bersantap di restoran Italia.

1. Spaghetti

Spaghetti

Spaghetti merupakan makanan sejenis pasta berbentuk silinder, tipis, dan panjang, berasal dari daerah Sisilia. Spaghetti terbuat dari tepung dan air. Spaghetti Italia terbuat dari bahan gandum khusus yang disebut dengan nama “semolina”. Berdasarkan takaran tradisional, spaghetti harus memiliki panjang 50 cm. Namun saat ini ukuran panjang tersebut bukan lagi merupakan hal krusial, bahkan saat ini spaghetti paling umum tersedia dalam ukuran panjang 25-30 cm.

2. Pizza

Pizza

Pizza merupakan sebuah roti, datar, bundar dan di atasnya ditaburi dengan saus tomat, keju dan berbagai topping lainnya, dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven atau tungku. Pizza ditemukan di daerah Naples, Italia, dan sejak itu menjadi hidangan yang populer di seluruh dunia.  Di Italia sebuah toko yang khusus membuat dan menjual pizza disebut “pizzeria”. Banyak variasi pizza ada di seluruh dunia dan biasanya rasa serta bahan yang digunakan untuk membuatnya disesuaikan dengan selera setempat. Pizza dimasak dalam berbagai jenis oven, dan ada berbagai macam bahan dan topping yang digunakan.

3. Tortellini

Tortellini

Tortellini merupakan pasta berbentuk cincin dan memiliki bentuk menyerupai pusar, sehingga nama lain dari makanan ini adalah “Ombelico” yang berarti pusar. Tortellini biasanya diisi dengan campuran daging panggang atau keju. Berasal dari wilayah Italia di distrik Emilia (khususnya daerah Bologna dan Modena), masakan ini biasanya disajikan dalam kaldu daging yang cukup kental. Tortellini saat ini sudah sangat populer dan bisa ditemukan di berbagai restoran.

4. Lasagna

Lasagna

Lasagna merupakan salah satu hidangan pasta yang paling pertama diciptakan di Italia. Kata ini juga mengacu pada. hidangan yang dibuat dengan beberapa lapisan lembar lasagna, tiap lapisan diselingi dengan saus dan berbagai bahan lainnya. Lasagna berasal di Italia, di wilayah Emilia-Romagna. Lasagna tradisional dibuat dengan meletakkan lapisan pasta di atas lapisan saus secara berselang-seling, dibuat dengan ragù, bechamel, dan Parmigiano Reggiano-. Di daerah lain dan luar Italia, Lasagna biasanya dibuat dengan ricotta atau keju mozzarella, saus tomat, berbagai daging (misalnya, daging sapi, babi atau ayam), sayuran (misalnya, bayam, zucchini, jamur) dan biasanya dibumbui dengan anggur, bawang putih, bawang merah, dan oregano. Setelah itu, Lasagna dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven.

5. Tramezzino

Tramezzino

Tramezzino merupakan sandwich yang biasanya berbentuk segitiga, dibangun dari dua potong roti tawar putih lembut yang bagian pinggirnya dipotong. Tramezzino adalah hidangan Italia yang populer dan murah, tersedia di banyak bar maupun restoran Italia sepanjang hari. Biasanya makanan ini juga ditambahkan dengan potongan tuna, buah zaitun dan prosciutto; dan masih banyak bahan tambahan lainnya yang dapat digunakan dalam penyajian Tramezzino.

6. Tiramisu

Tiramisu

Tiramisu merupakan makanan penutup yang populer dan dikenal karena memiliki rasa seperti kopi. Makanan ini terbuat dari kue berbentuk jari (Italia: Savoiardi) dicelupkan dalam kopi, dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula dan keju mascarpone, dibumbui dengan bubuk coklat. Resep telah diadaptasi menjadi banyak jenis puding, kue dan makanan penutup lainnya. Ada berbagai variasi dari tiramisu yang diadaptasi ke berbagai makanan di seluruh dunia.

7. Panino

Panino

Di Italia, panino merupakan kata yang digunakan untuk menyebut sandwich yang terbuat dari roti yang disebut dengan nama “Tramezzino”. Contoh jenis roti yang digunakan untuk membuat Panini adalah ciabatta, rosetta dan baguette. Roti dipotong horisontal dan diisi dengan bahan-bahan lezat seperti daging asap, ham, keju, mortadella, atau makanan lainnya, dan kadang-kadang disajikan hangat setelah dimasak di atas panggangan yang super panas.

8. Panna Cotta

Panna Cotta

Panna cotta merupakan hidangan penutup Italia yang dibuat dari krim, susu dan gula, pencampuran dengan gelatin yang didihkan dan kemudian disajikan dalam keadaan dingin. Makanan ini diyakini berasal di wilayah Italia Utara Piedmont, dan bisa ditemukan di hampir seluruh Italia. Panna Cotta disajikan dengan buah-buahan seperti ceri, karamel, saus cokelat atau buah coulis. Tidak diketahui persis bagaimana atau kapan makanan penutup ini pertama kali disajikan di restoran elit. Hidangan yang terbuat dari krim yang sangat manis ini sangat tepat untuk menutup makan malam anda yang sebelumnya diisi dengan makanan-makanan yang disajikan dalam pasta dengan rasa yang dominan.

9. Bruschetta

Bruschetta

Bruschetta merupakan makanan yang sangat terkenal dari Italia, terdiri dari roti panggang yang dimasak dengan bawang putih dan atasnya diberi taburan minyak zaitun, garam dan merica. Selain itu, Bruschetta bisa juga diberi topping berupa tomat, sayuran, kacang-kacangan, daging ayam, atau keju. Resep yang paling populer di luar Italia biasanya menambahkan daun kemangi, tomat segar, bawang putih dan bawang merah atau mozzarella dalam penyajian Bruschetta. Bruschetta biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan pembuka. Rasanya yang ringan dan bisa membangkitkan selera membuat makanan ini enak dimakan kapan saja.

10. Chicken Parmigiana

Chicken Parmigiana

Chicken parmigiana merpakan hidangan ayam yang berasal dari daerah bernama Parmigiana dan secara reguler disajikan di pub Australia. Makanan ini terdiri dari dada ayam yang dilapisi tepung roti, (ayam schnitzel), disajikan dengan saus neapolitan yang terbuat dari tomat dan keju. Di Australia penambahan sepotong ham atau daging membuat parmiagana tersebut menjadi lebih berkalori tinggi. Hidangan ini biasanya disajikan dengan keripik kentang dan salad. Chicken Parmigiana juga memiliki rasa yang sangat kaya dan memiliki cita rasa khas Italia yang tinggi. Hidangan ini biasanya disantap dalam acara makan malam bersama keluarga.