Resep Ayam Bakar Pedas Manis

Resep Ayam Bakar Pedas Manis – Mendengar kata ayam bakar, pastinya yang terbayang pikiran kita adalah makanan yang enak dan lezat. Bagaimana tidak? Menu makanan yang satu ini adalah salah satu menu yang digemari oelh seluruh orang di Indonesia. Makanan yang membuat kita lebih bersemangat untuk makan lebih banyak dari poris biyasanya.

Baca juga: Resep Ayam Rica-Rica Khas Manado

Kali ini saya akan sedikti meberikan sedikit inofrmasi bagi ibu-ibu rumah tangga yang hobi memasak tentang Ayam Bakar Pedas Manis yang mungkin bisa dijadikan salah satu menu masakan spesial untuk keluarga tercinta anda dirumah. Penasaran kan bagaimana proses pembuatan ayam bakar pedas manis itu? Mari yuk ikuti resep yang ada di bawah ini.

Bahan

– 1 ekor ayam
– 400 ml air kelapa
– 1 sendok teh air asam jawa
– 2 cm jahe, dimemarkan
– 2 batang serai, dimemarkan
– 1 1/2 sendok teh garam
– 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
– 2 lembar daun salam
– 50 gram gula merah, disisir
– 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu Halus

– 6 butir bawang merah
– 4 buah cabai merah keriting
– 2 cm lengkuas
– 2 buah cabai rawit merah
– 4 siung bawang putih

Tips Mempersiapkan Bahan

1. Lakukan hal yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan ayam yang sudha anda persiapkan. Hal ini penting sekali karena bahan utama ini harus kita buang beberapa bagiannya dan kotoran yang mungkin masih menempel didalamnya. Akan tetapi, sebelum terburu membersihkan ayam, pastikan jika anda memotong-motong ayam secara merata. Anda bisa memotong ayam dengan banyak 8 bagian atau anda bisa menyesuaikannya dengan potongan yang anda inginkan.

2. Setelah ayam dipotong, masukkan ayam kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian untuk dibersihkan secara merata.

3. Ditempat cucian, silahkan letakan ayam dibawah air yang mengalir dan bersihkan ayam dari kotoran, kuman atau mungkin bulu yang masih menempel pada ayam secara merata.
Bila ayam sudah bersih, maka masukkan kembali ayam ke tempat semula dan tiriskan air bekas cucian yang mungkin masih tersisa.
Selanjutnya, untuk membersihkan bau amis yang menempel pada ayam, maka lumurkan air jeruk nipis dan garam apda tubuh ayam secara merata dan diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Proses Pembuatan Ayam Bakar Pedas Manis

1. Setelah ayam dibersihkan, silahkan siapkan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Lalu rebus ayam dalam panci dengan memasukan bumbu halus dan masukan pula air kelapa, air asam jawa, serai, jahe, daun jeruk dan daun salam. Lalu masak hingga mendidih dan bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.

2. Setelah itu, masukkan gula merah kedalamnya bersama dengan merica bubuk dan juga garam. Masak dengan menggunakan api yang kecil dan masak sampai meresap dan mengering. Setelah itu, angkat sajian ini dan sisihkan sementara.

3. Terakhir, silahkan siapkan pembakaran dan bakar ayam diatasnya sampai ayam matang. Jangan lupa berikan olesan dengan mengguankan sisa bumbu yang dimasak. Bakar ayam samapi harum dan jangan lupa untuk dibulak-balik sampai matang secara merata.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.