Resep Babat Goreng Gongso Kemangi

Resep Babat Goreng Gongso Kemangi – Apakah anda merasa bosan dengan menu makanan daging sapi atau ayam? kalau gitu mungkin resep alternatif satu ini bisa menjadi pilihan, yaitu resep babat goreng. Babat sendiri adalah bahan makanan yang berupa daging yang berasal dari bagian lambung hewan yang pada umumnya berasal dari sapi. Babat umumnya digunakan sebagai lauk atau sebagai bahan pelengkap untuk jenis makanan seperti bakso, soto hingga sebagai bahan campuran dalam membuat nasi goreng babat.

Baca juga: Resep Lele Kemangi Kuah Pedas

Proses pembuatan masakan babat goreng ini tidaklah sulit – sulit amat, bahkan bisa dikategorikan masakan yang sangat mudah dibuat dan singkat tanpa perlu membutuhkan waktu yang lama. Nah, jika anda sudah tidak sabar ingin segera membuat dan menikmatinya babat goreng tersebut, silahkan coba simak resep membuat babat goreng berikut ini yang telah kami uraikan secara singkat dan praktis.

Bahan-bahan:

– 1/2 kg babat
– air secukupnya
– 3 sdm minyak goreng/secukupnya

Bumbu-bumbu:

– 2 lembar daun salam
– 2 batang serai dimemarkan
– 75 gram gula merah
– 4 sdt ketumbar bubuk
– 4 siung bawang putih dihaluskan
– garam secukupnya

Bahan sambal untuk cocolan:

– 6 buah cabai merah
– 2 buah cabai rawit
– 4 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 1/2 sdt terasi goreng
– gula dan garam secukupnya
– minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal cocolan babat goreng:

1. Rebus cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih sampai matang.
2. Haluskan bahan yang sudah direbus tadi dengan menggunakan blender atau ditumbuk memakai ulekan sampai halus.
3. goreng sambal dengan minyak secukupnya sampai setengah matang kemudian masukkan bumbu gula, garam, dan terasi masak kembali sampai matang lalu angkat dan sisihkan.

Proses Pembuatan Babat Goreng

1. Potong-potong babat sesuai selera kemudian cuci sampai bersih lalu rebus babat dengan menggunakan air dan beri bumbu serai, dan daun salam sampai matang dan lunak alias empuk.
2. Masukkan bumbu-bumbu babat goreng yang lain kemudian masak kembali sampai air rebusan mengering lalu angkat dan tiriskan.
3. Goreng babat rebusan tadi dengan menggunakan minyak secukupnya sebentar saja atau sesuai selera kemudian angkat dan hidangkan.