Resep Bolu Kukus Zebra

Resep Bolu Kukus Zebra

Resep Bolu Kukus Zebra

Resep Bolu Kukus Zebra – Kue Bolu Kukus Zebra merupakan salah cake bolu yang memiliki tekstur lembut dan klasik sejak jaman dahulu. rasanya yang enak dan manis yang pas membuat banyak orang menyukainya. apalagi memiliki motif yang cantik hitam dan putih , sehingga kue bolu kukus ini disebut dengan kue bolu zebra. Cara membuatnya pun tak begitu sulit, apakah anda ingin tau bagaimana cara membuat kue bolu kukus zebra itu? Nah dibawah ini resep yang bisa anda coba untuk membuat kue kukus zebra ya gaes.

Baca juga: Resep Kue Cucur Gula Merah

Bahan-bahan Kue Bolu Kukus Zebra :

– Telur ayam 6 butir
– Margarin 100 gram ( dicairkan )
– Gula pasir 150 gram
– Cake emulsifier atau ovalet 1 sendok teh
– Tepung terigu 150 gram ( diayak )
– Santan kental matang 150 mili lter
– Coklat bubk 1 sendok makan
– Baking powder 1/2 sendok teh
– Vanili bubuk 1/2 sendok teh

TIPS Dalam Membuat Kue Kukus Zebra :

1. Pertama , pastikan telur dan emulsifiernya dalam keadaan bagus . bagus disini dalam artian berkualitas , agar adonannya nanti benar-benar mengembang dan kental .
Sebaiknya bahan keringnya diayak terlebih dahulu , seperti terigu dll agar hasilnya benar-benar lembut .
2. Dalam membuat kue bolu kukus zebra ini disarankan menggunakan loyang bulat ukuran 20 centi meter . agar hasil kue bolu zebra nya lebih cantik , tapi sebenarnya juga dapat menggunakan loyang kotak namun nanti hasil motifnya berbeda tidak secantik ketika menggunakan loyang bulat .
3. lalu ketika anda mengocok adonan kue , usahakan garus sampai benar-benar kental dan mengkilat . jika nanti yang terjadi adonnanya cair , kemungkinan mengocok adonannya belum terlalu kental dan creamy sehingga ketika ditambahkan margarin dan santan jadi turun lagi adonannya .

4. Dalam membuat kue bolu kukus zebra ini sebenarnya kita dapat menggunakan coklat pasta , agar adonannya tidak terlalu berat . cara mencampurnya juga harus cepat dan rata sehingga adonan coklat tidak turun meresap ke adonan putih .
5. hal itu dilakukan agar motif kue zebra dapat terbentuk dengan cantik layaknya kulit zebra asli . akan tetapi , memakai coklat bubuk akan menghasilkan rasa yang lebih Lezat dan makyus.
6. Oh iya , jangan sampai lupa melapisi penutup kukusan menggunakan kain , supaya kue tidak bantat terkena uap air .

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Zebra :

1. Langkah awal panaskan pengukus di atas api sedang . olesi loyang menggunakan margarin lalu taburi dengan sedikit tepung agar adonan nanti tidak lengket .
2. Selanjutnya ambil wadah , lalu masukkan telur , gula dan cake emulsifier , kocok sebentar hingga rata . kemudian masukkan tepung terigu , vanili bubuk , baking powder , margarin dan santan aduk terus hingga semua adonan tercampur rata .
3. Setelah itu bagi adonan menjadi 2 bagian 50:50 . lalu tambahkan cokelat bubuk pada salah satu bagian adonan kue , aduk rata .
4. Siapkan loyang ukuran 20 centi meter . nah , untuk menuang adonan ke dalam loyang ukuran 20 centi meter , anda harus memerlukan ketelatenan ya . yaitu dengan cara menuang adonan warna putih tepat ditengah-tengah loyang , yang ditumpuk dengan adonan warna cokelat dititik yang sama .

5. adonan tidak perlu diratakan diloyang , karena adonan kue ini lebih ringan , sehingga nanti adonannya akan mengalir sendiri kepinggir-pinggir loyang tanpa perlu diratakan terlebih dahulu .
6. Terakhir kukus adonan ke dalam pengukus selama 30 menit , untuk memastikan kalau kue bolu kukus zebra sudah matang kita dapat mengeceknya dengan menggunakan lidi .
7. tusuk ke dalam kue , lalu jika lidi bersih tanpa ada adonan yang menempel itu tandanya kue sudah matang . Angkat , dinginkan .
8. Potong-potong kue bolu kukus zebra sesuai selera , Lalu sajikan .