Resep Bubur Ayam Nikmat

Resep Bubur Ayam Nikmat – Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam.

Baca juga: Resep Sate Telur Puyuh Enak

Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

Bubur ayam kerap menjadi pilihan makanan untuk sarapan, tetapi bubur ayam sebenarnya dapat dimakan kapan saja. Selain sarapan, bubur ayam kerap menjadi pilihan hidangan hangat di tengah malam. Karena teksturnya yang lembut, disajikan hangat-hangat, serta memiliki kandungan gizi yang cukup baik, bubur ayam kerap dijadikan makanan bayi, anak-anak, atau orang sakit yang tengah dirawat untuk pemulihan. Nah bagi anda yang tak tau untuk membuat masakan bubur ayam, silahkan ikuti resep yang ada di bawah ini ya.

Bahan Membuat Bubur Ayam :

– 200 gr beras
– 2000 ml kaldu ayam dari tulang ayam
– 1 sendok teh garam
– 1 lembar daun salam

Bahan kuah :

– 2 buah paha ayam memarkan tulangnya
– 1/2 sendok makan garam
– 1 blok kaldu ayam
– 2 cm jahe memarkan
– 1000 ml air
– 2 sendok makan minyak untuk menumis
– Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu halus :

– 6 butir bawang merah
– 2 butir kemiri sangrai
– 3 siung bawang putih
– 1 cm kunyit bakar
– 1/2 sendok teh ketumbar
– 1/4 sendok teh pala bubuk
– 1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan pelengkap :

– 50 gr kerupuk
– 2 sendok makan kecap manis
– 75 gr kedelai goreng
– 1 tangkai seledri potong halus
– 2 sendok makan bawang goreng
– 1 buah cakue potong potong

Cara Membuat Bubur Ayam:

1. Langkah pertama, Untuk membuat bubur : rebus beras, kaldu ayam, daun pandan dan garam. 2. Aduk terus sampai matang dan kental setelah itu sisihkan.
3. Langkah kedua, Untuk membuat kuah: Tuangkan minyak dalam sebuah wajan dan panaskan, kemudian tumis bumbu halus sampai harum, setelah itu masukkan kaldu ayam, jahe lalu kemudian aduk hingga berubah warna.
4. Langkah ketiga, Tambahkan air, ayam, kaldu ayam blok, dan garam, kemudian masak di atas api kecil hingga mendidih dan berkaldu. Angkat ayam, goreng sampai matang lalu kemudian suwir suwir.
5. Terakhir, Sajikan bubur dengan kuah, ayam suwir dan bahan pelengkap agar rasa bubur makin nikmat.