Resep Cake Pisang Coklat Ketan Hitam

Resep Cake Pisang Coklat Ketan Hitam – Bagi anda penggemar cake pisang coklat ketan hitam dan penasaran ingin tahu bagaimana membuat kue tersebut dan citra rasanya?. Berikut ini kami akan memberikan resep untuk membuat cake pisang coklat ketan hitam dengan cara di masukan kedalam oven. Buat anda penyuka kue berbahan dasar pisang tersebut. Adapun bahan dan cara membuat cake pisang coklat ketan hitam adalah sebagai berikut.

Baca juga: Resep Puding Santan Gula Merah

Bahan :

– 200 gr mentega tawar
– 125 gr gula pasir
– 1 sdt pasta coklat
– 4 butir telur utuh
– 200 gr pisang ambon, lumatkan dengan garpu
– 150 gr tepung ketan hitam
– 25 gr tepung beras
– 25 gr coklat bubuk
– 1/2 sdt baking powder
– 1/4 sdt garam halus

Cara membuat :

1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 22-23cm, tinggi 9cm. Olesi mentega dan taburi sedikit tepung. Sisihkan. Panaskan oven suhu 180 derajat C.
2. Dalam wadah besar kocok mentega, gula pasir, dan pasta coklat sampai mengembang.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan speed pelan.
4. Menyusul pisang, kocok kembali sampai rata.
5. Campur tepung ketan hitam, tepung beras, coklat bubuk, baking powder dan garam. Masukkan secara bertahap sambil diayak, kocok dengan mixer sampai rata.
6. Matikan mixer, aduk dengan spatula (aduk balik) sebentar saja, sekedar untuk mengecek apakah adonan sudah rata atau belum.
7. Tuangkan ke dalam loyang. Goyang-goyangkan loyang perlahan supaya permukannya jadi rata. Panggang selama 45-50 menit.
8. Lakukan test tusuk dengan lidi. Jika lidi keluar bersih artinya sudah matang. Jika belum, tambahkan waktu panggang 5-10 menit.
9. Keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang sampai hangat supaya kokoh tekstur cake-nya. Setelah kokoh, keluarkan dari loyang dan dinginkan.