Resep Kue Bingka Ubi Praktis

Resep Kue Bingka Ubi Praktis – Kue Bingka Ubi ini sepintas memiliki kemiripan bentuk dengan kue bingka kentang. Perbedaan yang paling kentara terletak pada rasa dan tekstur kuenya. Dimana tekstur kue bingka kentang itu lembut, sedangkan tekstur kue bingka ubi sedikit lebih keras. Kue bingka ubi ini sangat cocok disajikan sebagai makanan ringan yang disandingkan dengan teh atau kopi hangat saat santai bersama keluarga.

Baca juga: Resep Kue Kering Jagung Keju

Proses cara membuat kue bingka ubi inipun tidaklah terlalu sulit dan tergolong mudah. Dan berikut ini adalah resep membuat kue bingka ubi yang telah kami uraikan secara singkat agar mudah dipraktekkan dirumah.

Bahan

– 800 gr ubi kayu parut
– 220 gr gula pasir
– 300 ml santan yang telah dimasak
– 1 btr telur
– 3 btr telur ambil kuningnya saja kemudian kocok lepas
– 50 gr Margarin cairkan terlebih dahulu
– 125 ml susu cair
– 1/2 btg keju, parut terlebih dahulu untuk topping atas nya (jika suka)
– Garam secukupnya
– Madu secukup nya untuk bahan olesan bagian atas nya
– Esens vanili secukupnya
– Pewarna kuning makanan

Cara membuat Kue Bika Ubi

1. Pertama siapkan terlebih dahulu ubi kayu, kemudian kupas kulitnya, lalu cuci hingga bersih dan getah ubi nya hilang. Setelah itu potong-potong ubi untuk memudahkan saat kita parut.

2. Kemudian parut ubi yang telah kita potong tadi, jangan sampai serat kasar bagian tengah ubi ikut terparut. Setelah selesai semua nya kita parut, kemudian timbang, lalu ambil sebanyak 800 gr dari hasil parutan tadi.

3. Setelah itu kita peras parutan tadi dan jangan lupa disaring menggunakan saringan halus. Kemudian masukkan hasil perasan tadi kedalam mangkok, lalu sisihkan singkong parut.

4. Lalu kita diamkan air perasan singkong tadi selama lebih kurang 10-15 menit. Saat muncul permukaan atas nya perlahan-lahan buang bagian permukaannya, hingga yang tersisa hanya pati singkong nya saja ang berada dibawah mangkok.

5. Buang air perasan singkong yang telah kita pisahkan dengan pati nya tadi supaya tidak menimbulkan rasa pahit pada bika ubi nya.

6. Kemudian campurkan pati ubi nya tadi dengan gula, santan, telur kocok, garam, vanili dan pewarna lalu masukan kedalam satu wadah sampai berbentuk adonan.

7. Sekarang kita akan memanggang bika ubi panggang nya. Pertama kita olesi loyang bisa berbentuk bulat ataupun yang bentuk lain nya.

8. Jika kita ingin membuat banyak bisa kita gunakan loyang berukuran yang lebih kecil. Gunakan margarin untuk olesan loyang nya, oleskan tipis dan merata.

9. Lalu masukkan adonan kedalam masing-masing loyang yang telah kita olesi margarin tadi, kemudian ratakan permukaan adonan dengan menggunakan sendok, setelah rata kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu gunakan suhu 180 derajat celcius.

10. Panggang adonan bika ubi kayu selama lebih kurang 45-60 menit. Sebelum nya, jika adonan sudah berubah warna saat di panggang, angkat keluar terlebih dahulu, lalu olesi tipis bagian adonan dengan madu dan taburan keju parut bagian atas. Kemudian panggang kembali hingga matang dan berwarna kecoklatan.

11. Setelah matang angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Jangan memotong bika ubi dalam keadaan masih panas, karena akan menghancurkan bika nya, karena mendinginkan nya terlebih dahulu adalah bagian untuk memadatkan bagian dalam bika nya.

12. Setelah dingin potong sesuai keinginan.