Resep Kue Cenil

Resep Kue Cenil – Kue cenil merupakan salah satu kue tradisional khas asal jawa tengah yang cukup populer di indonesia. Teksturnya yang kenyal serta rasanya yang manis, adalah merupakan salah satu alasan mengapa kue ini cukup banyak penggemarnya baik dari kalangan anak – anak hingga orang dewasa.

Baca juga: Resep Apem Kukus Enak

Bagi anda yang termasuk penggemar kue cenil ini dan ingin tahu bagaimana resep membuat kue cenil dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya, maka berikut ini kami akan membagikan secara gratis resep membuat kue cenil khusus buat anda penyuka kue cenil tersebut. Adapun bahan dan cara membuat kue cenil adalah sebagai berikut :

Bahan-bahan Kue Cenil

– 250 gram tepung kanji
– 125 mili liter air mendidih
– 1/2 sendok teh garam halus

Bahan Taburan Kue Cenil

– 1/2 butir kelapa ( dikupas lalu diparut panjang , kukus )
– 1 buah daun pandan
– 100 gram gula pasir
– Pasta pandan ( pewarna ) secukupnya

Cara Membuat Kue Cenil

1. Pertama untuk taburan : kukus kelapa parut , daun pandan , dan garam selama kurang lebih 15 menit . angkat , lalu sisihkan .
2. Selanjutnya ambil 1 sendok makan tepung kanji , cairkan dengan 2 sendok makan air dingin.
3. lalu tuang ke dalam 125 mili liter air mendidih , kemudian aduk hingga kental .
4. Setelah itu masukkan sisa tepung kanji dengan sedikit demi sedikit , aduk rata , uleni sampai adonan dapat dibentuk , lalu bagi adonan menjadi 3 bagian .
5. Beri masing-masing adonan dengan pewarna kue yang berwarna merah , hijau dan biarkan adonan yang satunya tanpa menggunakan warna.
6. bentuk tiap adonan menjadi bulat panjang atau sebesar jari kelingking , lalu sisihkan .
7. Terakhir didihkan air , rebus adonan yang sudah dibentuk hingga mengapung dan matang angkat , lalu gulingkan dalam kelapa parut dan taburi gula pasir secukup nya .
8. Sajikan dipiring saji , dan kue cenil salah satu kue tradisional indonesia dapat dinikmati .