Resep Kue Timpan Aceh Enak Praktis

Resep Kue Timpan Aceh Enak Praktis – Kue Timpan adalah salah satu makanan khas yang berasal dari ujung barat Indonesia tepatnya Nanggroe Aceh Darussalam. Kue manis ini terbuat dari tepung ketan yang menjadi kegemaran masyarakat Aceh pada hari-hari besar Islam. Kue Timpan juga dapat anda temui dalam jamuan pesta seperti pernikahan dan khitanan yang diselenggarakan masyarakat Aceh. Rasa kue ini manis lezat sehingga disukai baik orang tua maupun anak-anak. Variasi isian kue Timpan ada banyak sekali, tergantung selera. Jika anda ingin menikmati kue Timpan, anda tidak perlu jauh-jauh ke Aceh. Anda bisa membuat sendiri kue ini dirumah. Caranya akan kami bahas berikut ini.

Baca juga: Resep Roti Mantau Enak

Bahan Kulit

– 1/4 kg Pisang raja (haluskan)
– 200 gram tepung ketan
– 2 sendok makan santan kental
– 1 sendok makan air kapur sirih
– 1/4 sendok teh garam

Bahan Isi

– 2 pcs telur ayam
-50 cc Santan kental
– 100 gram Gula pasir
– 25 gram nangka matang (iris kecil)
– 1/2 sendok teh tepung terigu
– 1 helai daun pandan
– 50 gram kelapa muda (parut)
– 1/4 sendok teh vanilli

Langkah Membuat Kue Tradisional Timphan Aceh Enak

1. Siapkan wadah adonan lalu tuangkan bahan-bahan yang telah disiapkan untuk pembuatan kulit timphan di atas ke dalam wadah tersebut. aduk dan remas sampai semua bahan kulit timphan menyatu.
2. Setelah adonan kulit timphan selesai dibuat, beralih ke pembuatan bahan isi timphan dengan cara mencampurkan telur yang telah dikocok dengan gula sampai larut dan mengental. 3. Gunakan mixer agar lebih praktis.
4. Kemudian tambahkan campuran telur dan gula yang sudah mengental dengan tepung terigu yang telah diayak halus dan santan kelapa kental. Aduk-aduk hingga merata.
5. Berikutnya masukkan cincangan nangka ke dalam adonan bahan isi timphan disusul dengan parutan kelapa, dan daun pandan. Setelah itu masak sampai matang.
6. Angakt campuran bahan isi timphan lalu taburi dengan vanilli dan aduk sekali lagi sampai tercampur rata dan biarkan dingin.
7. Langkah terakhir, siapkan beberpa lembar daun pisang yang telah diberi olesan minyak sebelumnya lalu tuangkan adonan kulit timphan yang sudah dibuat tadi sedikit saja pada lembaran daun tersebut.
8. Setelah itu tambahkan adonan bahan isi timphan pada bagian tengahnya lalu gulung dan bungkus dengan daun pisang.
9. Masukkan ke dalam pengukusan, tunggu sampai matang. Angkat dan sajikan.