Resep Roti Maryam Enak

Resep Roti Maryam – Roti Maryam merupakan salah satu kue khas yang berasal dari timur tengah. Ciri khas yang paling jelas terlihat dari roti ini adalah bentuknya yang bundar dan berlapis – lapis. Bagi anda yang termasuk penggemar berat kue maryam ini dan ingin tahu resep membuatnya, maka berikut ini kami akan memberikan resep membuat roti maryam khusus buat anda penyuka kue yang enak dan lezat ini. Adapun bahan dan cara membuat kue maryam adalah sebagai berikut.

Baca juga: Resep Kue Klappertaart Enak

Bahan

– 250 gr tepung terigu serbaguna
– 100 ml susu cair
– 1 btr telur
– 5 sdm margarin, cairkan
– 5 sdm minyak goreng
– 1/2 sdt garam
– air secukupnya

Cara Membuat Roti Maryam

1. Campurkan susu cair, telur, margarin cair, minyak goreng, garam dan 100 ml air. Aduk menggunakan garpu atau balloon whisk hingga semua bahan tercampur.
2. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Uleni menggunakan tangan hingga aonan kalis dan tidak lengket sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit untuk menyesuaikan tekstur adonan.
3. Tekstur adonan yang ideal untuk membuat roti maryam adalah seperti adonan kulit martabak telur.
4. Adonannya lembek namun tidak bisa dituang, mudah dibentuk dan elastis.
5. Sesudah adonan kalis, diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam. Tutuplah adonan menggunakan serbet bersih yang dibasahi atau menggunakan plastik agar kelembabannya tidak hilang.
6. Sesudah 1 jam, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuklah bulatan-bulatan kira-kira sebesar bola pingpong.
7. Diamkan lagi kurang lebih selama 10-15 menit.
8. Setelah didiamkan, adonan kini siap untuk diproses lagi. Ambil 1 bulatan adonan, kemudian olesi dengan minyak goreng.
9. Pipihkan adonan setipis mungkin dan selebar mungkin. Seperti saat tukang martabak membuat kulit martabak telur.
10. Setelah pipih, gulungkan adonan sehingga membentuk gulungan memanjang. Kini adonan berbentuk seperti karpet yang digulung.
11. Setelah itu, gulungkan lagi adonan dari kedua ujungnya secara berlawanan.
12. Jika adonan diletakkan melintang, gulung ujung kanan ke sebelah atas dan ujung kiri ke sebelah bawah hingga kedua gulungan bertemu di tengah. Tumpuk kedua gulungan sedemikian rupa.
13. Pipihkan gulungan adonan menggunakan botol dengan ketebalan antara 0,5 – 1 cm atau sesuai selera.
14. Panaskan wajan datar anti lengket, panggang roti maryam diatas api kecil hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan.
15. Sajikan roti maryam selagi hagat. Roti maryam biasa disajikan bersama dengan kari dan bisa juga disajikan sebagai kudapan serta diberi topping beraneka ragam seperti susu, coklat dan keju.