Resep Semar Mendem Enak

Resep Semar Mendem Enak – Semar medem merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berbahan dasar beras ketan yang biasanya diisi dengan ayam/ daging dan di bungkus dengan menggunakan dadar yang merupakan campuran telur dan sedikit tepung terigu. Rasa kue semar mendem ini sangat khas dan enak, selain itu proses pembuatannya pun sangat mudah. Tertarik untuk mencoba membuatnya? kalau gitu, berikut ini adalah resep membuat semar mendem yang telah kami uraikan secara praktis agar dapat dengan mudah untuk anda coba dirumah ya.

Baca juga: Resep Kue Kacamata

Bahan

– 500 g beras ketan
– 250 ml santan, dari ½ butir kelapa
– 1 sdt garam
– 3 lembar daun pandan

Isi

– 2 sdm miyak goreng
– 2 lembar daun salam
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 2 batang serai , memarkan
– 8 lembar daun jeruk
– 200 g daging ayam rebus, suwir-suwir
– 250 ml santan, dari ½ butir kelapa

Bumbu halus

– 8 butir bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 2 butir kemiri sangrai
– 2 sdt ketumbar sangrai
– 1/4 sdt jintan sangrai
– 1 sdt garam
– 2 sdm gula pasir

Kulit

– 4 butir telur
– 50 g tepung terigu
– 225 ml air
– 1/4 sdt garam

Proses Pembuatan

1. Rendam beras ketan dalam air selama 15 menit, tiriskan. Didihkan air dalam dandang, kukus ketan selama 10 menit hingga setengah matang, angkat. Pindahkan ke dalam panci.

2. Didihkan santan bersama garam dan daun pandan, angkat, tuangkan ke dalam panci ketan. Jerangkan di atas api, aduk dan masak hingga cairan terserap oleh ketan. Kukus kembali selama 20 menit hingga ketan matang, angkat. Pindahkan ketan ke dalam panci, cocoh ketan supaya agak legit. Setelah dingin, bagi ketan menjadi 15 bagian.

3. Isi : Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas dan serai hingga harum dan bau langunya hilang. Masukkan ayam suwir, tuangi santan dan masak terus hingga cairannya mengering. Angkat, bagi adonan isi menjadi 15 bagian, sisihkan.

4. Kulit: Kocok telur tercampur tercampur. Larutkan tepung bersama air dan garam, campurkan bersama telur kocok, aduk. Buat dadar tipis bergaris tengah 16 cm, sisihkan.

5. Ambil 1 bagian adonan ketan, pipihkan. Taruh 1 bagian isi di tengahnya. Katupkan hingga adonan isi tertutup ketan. Tekan-tekan hingga padat.

6. Ambil selembar dadar, taruh ketan isi di atasnya, bungkus bentuk persegi menyerupai amplop. Lakukan hingga semua ketan isi terbungkus dadar. Hidangkan.