Resep Tomyam Kerang Kuah Sayuran

Resep Tomyam Kerang Kuah Sayuran – Tom Yam merupakan salah satu makanan yang sangan digemari di seluruh dunia, Masakan ini ternyata berasal dari Thailand. Tom Yam di kenal sebagai makanan yang memiliki kuah segar dan bersi berbagai macam bahan lainnya berupa daging ayam ataupun seafood. Namun pada umumnya Tom Yam lebih sering menggunakan seafood sebagai bahan utamanya. Nah, untuk saat ini anda akan mendapatkan resep untuk membuat Tom Yam kerang kuah sayuran. Penasarankan bagaimana resep pembuatannya? Silahkan simak resep yang ada di bawah ini.

Baca juga: Resep Balado Telur Puyuh Pedas Dan Nikmat

Bahan-Bahan:

400 gram kerang hijau
150 gram jamur merang
2.000 ml kaldu ikan
1/2 sendok teh air jeruk
150 gram mixed vegetable

Bumbu-Bumbu:

3 batang serai, ambil putihnya, memarkan
4 buah cabai rawit hijau, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
10 lembar daun jeruk, buang tulangnya
4 siung bawang putih, iris halus
1 sendok makan ebi, seduh, sangrai
2 sendok makan air jeruk lemon
1 1/4 sendok teh merica hitam
2 sendok makan kecap ikan
2 1/2 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula pasir
3 tangkai daun ketumbar, petiki untuk taburan

Persiapan Pembuatan Tomyam

1. Untuk yang pertama kita akan persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang ada pada resep. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu kita olah terlebih dahulu sebelum kita masak dengan bahan-bahan lainnya menjadi hidangan yang enak.

2. Adapun bahan pertama yang perlu kita olah yakni kerang hijau. Bahan ini meski sudah anda beli dalam keadaan bersih, namun bukan berarti sajian bahan ini sudah higienis secara merata. Untuk itu, melihat perlunya sajian ini untuk dibersihkan maka silahkan bersihkan secara merata.

3. Bila sudah selesai dibersihkan secara merata. Lanjutkan dengan mengangkat sajian ini dari cucian dan tiriskan airnya secara merata.

4. Untuk menghilangkan bau amis yang ada pada kerang hijau. Anda bisa menggunakan perasa air jeruk nipis secara merata. Hal ini akan dapat mengurangi lendir yang mungkin menempel pada kerang dan juga mengurangi bau amis yang masih menempel didalamnya.

5. Setelah diberikan dengan air perasan jeruk nipis, silahkan sisihkan sementara selama kurang lebih 15 menit.

6. Sementara itu, untuk kaldu ikan. Anda bisa membuat sajian ini dari merebus tulang ikan dan ambil kaldunya sebanyak ukuran yang sudah ditentukan. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.

Proses Pembuatan

1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat mengolahnya dengan cara merebus kaldu ikan hingga mendidih dalam sebuah panci. Lalu masukan kedalamnya serai bersama dengan daun jeruk, lengkuas, ebi, cabai rawit dan juga bawang putih. Rebus sajian ini sampai matang dan mengeluarkan aroma harum yang enak dan sedap.

2. Setelah itu, silahkan masukkan kerang hijau yang sudah anda lumuri dengan jeruk dan masukkan kedalamnya bersama dengan jamur.

3. Masa sajian diatas sampai matang hingga cangkang kerang terbuka dan kuah mendidih secara merata.

4. Setelah selesai, anda bisa memasukkan mixed vegetable kedalamnya bersama dengan kecap ikan juga garam, merica bubuk, jeruk lemon dan juga gula pasir. Aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini tercampur dan bumbu meresap kedalamnya.

5. Masukkan pula daun ketumbar sesaat anda akan mengangkatnya. Lalu masak kembali sebentar dan angkat hidangan ini.