Tips Simpan Makanan Dalam Freezer

Tips Simpan Makanan Dalam Freezer

Tips Simpan Makanan Dalam Freezer

Tips Simpan Makanan Dalam Freezer

Tips Simpan Makanan Dalam Freezer , Freezer merupakan salah satu sisi dalam lemari pendingin yang mempunyai temperatur semakin rendah dibandingkan sisi kulkas yang lain. Freezer berperan untuk simpan serta mengawetkan makanan yang akan dibekukan hingga dapat bertahan lama sebab bila makanan itu beku, karena itu bakteri tidak gampang bertumbuh didalamnya hingga makanan tidak gampang basi.

Freezer rerata dipakai untuk simpan daging dan makanan olahan. Tetapi ada pula yang simpan sayuran dan makanan beku di freezer. Tidak seperti sisi kulkas yang lain, untuk simpan makanan dalam freezer tidak bisa asal asalan sebab bila asal asalan karena itu makanan dapat hancur teksturnya, cita rasanya beralih, sampai pastinya akan gampang basi. Oleh karenanya, sebelum simpan makanan dalam freezer, ada banyak panduan yang perlu kamu kenali terlebih dulu, yakni:

Membekukan Sesuai dengan Bagian Memasak

Panduan yang pertama ialah bekukan makanan sesuai dengan bagian memasaknya. Misalnya saja, kamu beli 1 kg daging sapi, tetapi nanti akan dipisah untuk dipakai jadi kombinasi sop, soto, serta tumisan. Karena itu saat akan dimasukkan dalam kulkas, langsung bagi jadi tiga.

Jangan membekukannya pada kondisi 1 kg utuh demikian saja supaya kamu dapat keluarkan daging dari freezer sesuai yang diperlukan. Bila daging telah dikeluarkan dari dalam freezer serta didiamkan dalam temperatur ruang, selanjutnya dimasukkan lagi, karena itu daging malah semakin gampang tercemar bakteri.

Pakai Wadah Kedap Udara

Cukup banyak orang yang simpan makanan beku dalam plastik paket. Walau sebenarnya seharusnya kamu menyimpannya dalam wadah kedap udara, dapat dibuat dari plastik atau bahan yang lain. Dengan demikian, makanan tidak gampang tercemar bakteri. Bila betul betul tidak ada wadah kedap udara, pilihan yang lain dapat memakai plastik zip proof yang kedap udara.

Tandai dengan Merek Tanggal Pada Waktu Membekukan

Walau freezer dapat membuat makanan awet semakin lama, tetapi makanan yang dimasukkan dalam kulkas tentunya punyai waktu kadaluarsanya sendiri sebab makin lama makanan ada dalam freezer, karena itu kualitas, struktur, serta cita rasanya dapat beralih. Oleh karenanya lebih bagus kamu tandai dengan merek tanggal di saat membekukannya supaya bisa tahu kapan seharusnya habiskan bahan makanan yang dibekukan itu.

Jauhi Menyimpan  Makanan yang Masih Panas dalam Freezer

Siapa antara kamu yang menyukai masukkan makanan yang masih tetap panas atau hangat ke freezer. Makanan yang masih tetap panas atau hangat, bila dimasukkan langsung dalam freezer dapat mengganti temperatur yang berada di dalam freezer tersebut serta mengakibatkan struktur dan kualitas makanan dapat menyusut.

Jangan Taruh Makanan Memiliki kadar Air Tinggi dalam Freezer

Tidak semua makanan dapat dimasukkan ke freezer. Cuma beberapa bahan spesifik saja seperti daging fresh serta olahan, seafood, sayuran potong, kacang kacangan, serta bumbu dapur. Beberapa makanan seperti susu, yoghurt, keju, dan makanan yang memiliki kandungan kandungan air tinggi seperti selada, jeruk, semangka, dan lain lain tidak dapat masuk freezer sebab teksturnya akan gampang rusak.

Taruh Bumbu Masakan di Wadah Es Batu

Panduan yang paling akhir ialah simpan bumbu fresh di wadah es batu. Bumbu masakan umumnya memang dimasukkan dalam freezer agar cita rasanya masih terbangun serta tidak gampang basi. Tetapi dibanding menyimpannya sekaligus juga serta harus mencairkan beberapa di saat ingin memakainya, lebih bagus taruh dalam wadah es batu. Jadi saat akan digunakan, kamu tinggal keluarkan 1-2 buah saja. Kecuali bumbu masakan, kamu dapat juga membekukan kaldu di wadah es batu supaya semakin mempermudah di saat akan menggunakannya.

Nah , jadi itu lah cara untuk menyimpan makanan di dalam freezer yang tepat dan benar. Maka dari itu , kalian harus bisa untuk simpan makanan dengan cara yang benar. Dengan bertujuan untuk nantinya bisa dimakan dan digunakan kembali. Dan pastinya tidak cepat basi atau hal lain sebagainya yang tidak kalian inginkan. Mungkin dari kalian ada cara lain yang di dengar dari teman atau kerabat maupun cara tersendiri yang bisa sangat membantu kalian. Untuk simpan makanan dengan benar di dalam freezer.

Baca Juga : Resep Masakan Khas Bali