Daging Kalong

Kalong adalah anggota bangsa kelelawar (Chiroptera) yang tergolong dalam marga Pteropus familia Pteropodidae, satu-satunya familia anggota subordo Megachiroptera. Kata “kalong” seringkali digunakan alih-alih kelelawar dalam percakapan sehari-hari, walaupun secara ilmiah hal ini tidak sepenuhnya tepat, karena tidak semua kelelawar adalah kalong. Kalong terutama merujuk pada kelelawar pemakan buah yang berukuran besar. Kelelawar buah terbesar, sekaligus kelelawar terbesar, adalah kalong kapauk Pteropus vampyrus yang bisa mencapai berat 1.500 gram, dan bentangan sayap hingga 1.700 mm.

Dalam bahasa Inggris kalong biasa dikenal sebagai Giant Fruit Bats atau Flying Foxes. Kalong menyebar di Asia tropis dan subtropis (termasuk di anak benua India), Australia, Indonesia, pulau-pulau di lepas pantai timur Afrika (tetapi tidak di daratan benuanya), serta di sejumlah kepulauan di Samudra Hindia dan Pasifik.

Ekologi
Kalong hanya memakan buah-buahan, bunga, nektar, dan serbuk sari; ini menjelaskan mengapa kalong terbatas penyebarannya di wilayah tropis. Kalong memiliki mata yang besar sehingga mereka dapat melihat dengan baik dalam keadaan kurang cahaya. Indra yang secara utama digunakan untuk navigasi adalah daya penciumannya yang tajam. Kalong tidak mengandalkan diri pada daya pendengaran seperti halnya kelelawar pemakan serangga yang menggunakan ekholokasi. Kalong sering mencari makanannya sampai jauh, hingga sejauh 40 mil dari tempatnya tidur.
Pada umumnya jenis kalong tidur dalam kelompok besar di pohon-pohon yang tinggi; pada pohon mati atau pada ranting-ranting yang gundul tak berdaun.

Olahan makanan daging kelelawar memang tak lazim dikonsumsi oleh masyarakat luas. Hal ini mengingat hewan malam ini memiliki taring dan tampak jijik. Namun, ditangan ahli kuliner makanan ekstrim, kesan menyeramkan menjadi tak tampak. Malah berganti menjadi mekanan penuh selera dan menggoda untuk disantap. Misalnya dibuat sup, sate, tongseng,

Di beberapa daerah di Indonesia, memakan kalong adalah hal yang biasa dan bermanfaat bagi kesehatan.

  • Menyembuhkan asma
  • Menyembuhkan alergi
  • Menyembuhkan penyakit kulit
  • Menyembuhkan gatal-gatal
  • Meredakan sakit tenggorokan
  • Meningkatkan stamina
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mengatasi keriput-keriput karena penuaan dini
  • Mempertahankan elastisitas kulit
  • Mengatasi kulit kering dan terkelupas
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.