Resep Asam Asam Ikan Gabus

Resep Asam Asam Ikan Gabus

Resep Asam Asam Ikan Gabus – Berbicara mengenai seputar masakan ikan berkuah, salah satu masakan khas indonesia Sulawesi Tengah yang terkenal enak adalah Asam Asam Ikan Gabus. Masakan asam asam ikan gabus ini sangatlah enak apalagi jika dipadukan dengan belimbing wuluh, jeruk nipis dan cabe rawit wihh mantep banget deh rasanya. Terlebih lagi jika anda adalah pecinta kuliner ikan, maka akan sangat disayangkan sekali jika anda belum pernah mencicipinya.

Baca juga: Resep Kue Klepon Enak

Proses pembuatan Asam Asam Ikan Gabus ini tergolong mudah dan tidaklah terlalu sulit. Bahan – bahannya pun relatif mudah ditemukan, dan apabila anda penasaran dengan rasanya dan berniat untuk mencicipinya, tidak ada salahnya anda membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti langkah praktis yang ada dibawah ini ya.

Bahan dan Bumbu Ikan Gabus:

– 3 buah ikan gabus
– 4 buah belimbing wuluh, dibelah dua
– 4 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh gula pasir
– 8 butir bawang merah, diiris tipis
– 3 buah cabai merah besar, dipotong serong
– 1 buah tomat merah, dipotong-potong
– 4 siung bawang putih, diiris tipis
– 5 buah cabai rawit merah, dipotong serong
– 2 batang serai, dimemarkan
– 5 lembar daun jeruk, disobek-sobek
– 1.000 ml air
– 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap Ikan Gabus:

– Sambal
– Bawang goreng
– Nasi hangat
– Lalapan

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Diolah:

1. Cara pertama akan kita awali dengan membersihkan ikan gabus yang sudah dipersiapkan dan bawa ikan ini ke tempat cucian.
2. Selanjutnya, silahkan bersihkan lendir pada tubuh ikan hingga kesat. Atau anda bisa menggunakan abu gosok dan balurkan pada semua bagian permukaan tubuh ikan secara merata dan gosok-gosokkan hingga bagian tubuh ikan gabus menjadi lebih kesat.
3. Lalu setelah itu, bilas kembali ikan dengan air bersih untuk menghilangkan abu gosok yang ada pada tubuh ikan.
4. Selesai membersihkan lendir pada tubuh ikan. Lanjutkan dengan membersihkan sisik pada pada semua bagian tubuh ikan secara merata.

5. Untuk melakukan ini anda bisa menggunakan pisau atau sendok untuk mengerik sisik secara merata. Setelah itu, bersihkan kembali ikan dengan air bersih.
6. Kemudian bersihkan pula bagian isi perut ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dan keluarkan jeroannya dengan menggunakan tangan hingga bagian jeroan ikan dibersihkan secara merata.
7. Selanjutnya, silahkan potong moncong pada ikan sebab bagian ini tidak akan kita gunakan.
Terakhir, silahkan potong ika menjadi dua bagian dan lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis dan sedikit taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan. 8. Setelah itu, diamkan sementara sebelum kita masak bumbunya.

Cara Membuat Asam-Asam Ikan Gabus:

1. Panaskan minyak dalam wajan da tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit juga bersama dengan dau jeruk, serai dan cabai rawit merah. Aduk-aduk dan tumis hingga bumbu ini matang dan mengeluarkan aroma sedap.
2. Setelah itu, tambahkan tomat kedalamnya dan aduk-aduk tomat ini hingga layu secara merata.
3. Setelah itu, masukkan air bersama dengan gula pasir, garam dan aduk-aduk dan masak hingga mendidih.
4. Baru setelah itu, amsukkan ikan gabus bersama dengan belimbing wuluh kedalamnya dan masak hingga bumbu meresap dengan sempurna kedalam ikan.

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.