Resep Ayam Hainan Nikmat Dan Lezat

Resep Ayam Hainan Nikmat Dan Lezat – Salah satu jenis olahan ayam yang cukup populer di Indonesia dan beberapa negara di asia tenggara lainnya. Resep ayam hainan sendiri berasal dari suku Hainan di Cina. Pada awalnya ayam hainan asli Cina menggunakan ayam yang berdaging tebal, namun seiring penyebarannya, resep ayam hainan mulai terpengaruh oleh budaya negara lain. Di Singapur, tempat di mana ayam hainan begitu populer, ayam yang digunakan sedikit lebih crispy dan tipis dibandingkan resep aslinya.

Baca juga: Resep Ceker Pedas Setan

Olahan ayam yang sedikit sekali menggunakan minyak goreng ini sangat pas bagi anda yang sedang berdiet rendah lemak. Selain rendah lemak masakan ini juga banyak menggunakan bumbu yang bagus bagi kesehatan jantung, yaitu bawang putih dan jahe. Jika anda bosan dengan sajian ayam goreng, maka olahan ayam hainan ini bisa menjadi alternatif. Cara pengolahannya yang direbus akan memberikan sensasi baru saat menyantapnya.

Untuk pemilihan ayam agar lebih cepat empuk, sebaiknya digunakan ayam kampung yang belum terlalu tua dan berjenis kelamin betina. Jika ayam kampung sulit untuk ditemukan, bisa juga diganti dengan ayam broiler biasa. Hanya saja jika memakai ayam broiler, proses menusuk-nusuk ayam dengan garpu tidak perlu dilakukan karena ayam broiler dapat empuk dengan proses perebusan biasa. Berikut ini akan kami sampaikan kepada anda mengenai resep Ayam Hainan

Bahan

– 1 ekor (800g) ayam/kampung/organik
– Garam bata
– 4 cm jahe, memarkan
– 2 batang daun bawang, potong 2 cm
– Air, untuk merebus
– Air es, untuk merendam

Saus

– 50 g lemak ayam
– 1 sdm minyak goreng
– 2 siung bawang putih, cincang
– 100 ml kaldu ayam
– 1 1/2 sdm saus tiram
– 1 sdm kecap asin
– 3 sdt minyak wijen
– 1 1/2 sdt gula pasir

Sambal : Campur Menjadi Satu Semuanya

– 50 g cabai merah besar, buang biji, gerus
– 2 siung bawang putih, gerus
– 25 g jahe, gerus
– 1/2 sdt garam
– 2 sdt gula pasir
– 1 sdm air jeruk nipis
– 100 ml kaldu ayam panas

Proses Pembuatan

1. Olesi seluruh badan dan rongga dalam ayam dengan 2 – 3 sdm garam sampai rata, lalu cuci dengan air hingga bersih. Setelah itu, olesi ayam bagian luar dan rongga dalam dengan ½ sdm garam. Masukkan jahe dan daun bawang ke dalam rongga ayam.

2. Taruh ayam dalam panci, masukkan air sebatas 3 cm di atas ayam. Jerangkan di atas api besar. Setelah mendidih, kecilkan api sampai air bergolak perlahan, tutup panci dan masak selama 30 menit (tambahkan waktu jika ayam lebih besar).

3. Matikan api, keluarkan ayam dan masukkan ke dalam wadah berisi air es yang banyak sampai terendam, rendam selama 30 menit. Angkat ayam, buang jahe, dan daun bawang.

4. Tiriskan ayam. Potong-potong ayam beserta tulangnya ukuran 4 – 5 cm. Taruh di atas piring saji, siram dengan saus dan sajikan dengan sambalnya.

5. Saus ayam hainan: Panaskan lemak ayam dan minyak goreng dalam wajan di atas api kecil sampai keluar minyaknya, buang lemak ayam. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan semua bahan lainnya, aduk, angkat.

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.