Resep Cumi Saus Padang

Resep Cumi Saus Padang – Masakan cumi bumbu saus padang termasuk ke dalam menu favorit dalam aneka olahan seafood. Seni memasak masyarakat Minang memang sangat identik dengan cita rasa yang pedas. Pada cara membuat cumi saus padang kali ini bumbu cabe tidak dihaluskan, namun diiris tipis untuk memberikan nuansa yang berbeda.

Baca juga: Resep Perkedel Kepiting

Baik cumi, udang, atau bermacam jenis ikan lainnya, sangat enak bila dimasak dengan siraman bumbu saus padang. Apalagi jika semua anggota keluarga pencinta pedas, cabe dapat dihaluskan untuk rasa pedas yang lebih rata meresap ke bumbu, serta tinggal disesuaikan saja level kepedasan dari jumlah cabe yang disukai maupun pemakaian saus sambalnya.

Cara memasak cumi dengan saus padang ini, dimasak menggunakan bumbu yang mudah dan cukup praktis. Menu sederhana yang dapat menambah daftar aneka resep atau melengkapi variasi menu makan harian keluarga di rumah. Berikut sebuah kreasi resep masakan berbahan cumi-cumi, agar menjadi hidangan yang istimewa.

Bahan Resep Cumi Saus Padang

– Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah 300 gram cumi segar. Bersihkan terlebih dahulu dengan air mengalir dan potong sesuai selera (lebih baik di potong agak kecil supaya bumbu meresap). Ambil jeruk nipis dan kucurkan dan lumuri daging cumi untuk mengurangi aroma amisnya.
– Minyak goreng baru secukupnya untuk menumis.
– Air matang sebanyak 100 ml.
– Saus tiram sebanyak setengah sendok makan.
– saus tomat sebanyak 1 sendok makan.
– saus sambal sebanyak 1 1/2 sendok makan (bisa disesuaikan dengan selere, mau pedas, sedang atau tidak).
– Sedikit bubuk merica, garam dan penyedap rasa secukupnya.
– Bawang merah ukuran sedang 2 siung. Dipotong tipis tipis untuk di tumis.
– Bawah putih lokal ukuran besar sebanyak 1 pcs. Dipotong tipis tipis untuk di tumis.
– Bawang bombay di iris tipis sebanya setengah pcs.
– Daun bawang secukupnya.
– Cabe untuk menambah aroma pedas sebanyak 2 buah cabe keriting dan 2 buat cabe rawit (bisa di kurangi atau ditambah apabila ingin membuat Cumi Saus Padang Pedas).

Proses Pembuatan Resep Cumi Saus Padang

1. Panaskan wajan dengan api sedang. Masukkan minyak secukupnya untuk menumis bawang merah, bawah putih, daun bawang dan cabe nya. Aduk pelan pelan sampai bumbu yang di tumis mengeluarkan bau harum.
2. Masukkan cumi segar yang sudah di cuci dan di potong kecil kecil ke dalam wajan. Aduk terus dengan bumbu nya sampai daging cumi berubah warnanya.
3. Masukkan setengah sendok saus tiram sambil tetap di aduk. lalu berurutan saus tomat dan saus sambalnya sambil tetap di aduk dan semua bahan tercampur sempurna.
4. Masukkan bumbu penyedap, sedikit garam dan bubuk mericanya. Aduk kembali sampai rata dan bau harum tercium.
5. Langkah terakhir masukkan air matangnya. Aduk terus pelan pelan sampai kuah mendidih dan berubah menjadi kental. Coba cicipi dulu ada yang kurang enggak bumbu bumbunya.

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.