Resep Ikan Tongkol Bakar

Resep Ikan Tongkol Bakar – Ikan tongkol memang ikan yang memilik citarasa yang tinggi sehingga wajar saja apabila ikan tongkol ini enak apabila diolah menjadi berbagai macam jenis menu makanan. Ikan yang banyak berkembang biak diair asin ini memang tergolong ikan yang mudah untuk didapatkan sehingga tentunya akan mempermudah bagi anda yang ingin mencoba mempraktekkan membuat ikan tongkol bakar.

Baca juga: Resep Tumis Kangkung Cabai Hijau

Dengan cara pengolahannya yang dibakar tentunya menu makanan yang satu ini sangat cocok untuk acara kumpul-kumpul terlebih ketika anda semua sedang ada acara kumpul-kumpul dengan teman anda sambil membunuh waktu.

Agar pembahasan kita tidak melebar kemana-mana alangkah baiknya kita langsung saja masuk ketopik pembahasan kita kali ini mengenai Resep Ikan Tongkol Bakar. Apa saja bahan yang perlu anda persiapkan dan bagaimana cara pengolahannya. Silahakan anda simak artikel dibawah ini dari awal sampai akhir, agar tidak ada bumbu yang tertinggal untuk diolah, sehingga rasa dari ikan tongkol bakar anda akan menjadi lezat.

Bahan

– 1 kg ikan tongkol segar, potong 2 dan bersihkan
– 2 buah jeruk nipis/asem jawa

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

– 3 siung bawang putih
– 5 butir bawang merah
– 3 buah cabe merah
– 4 butir kemiri
– 1 ruas jahe
– 1 ruas kunyit
– 1 buah tomat sedang
– 3 sdm kecap manis Bango
– Garam secukupnya
– Penyedap rasa secukupnya

Proses Pembuatan

1. Ikan tongkol dilumuri dengan perasan jeruk nipis/asem. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Sampai harum. Angkat. Tuang dalam 2 mangkok.
3. Lumuri ikan tongkol dengan tumisan bumbu. Bakar ikan sambil di bolak-balik dan sesekali di olesi bumbu.
4. Apabila ikan sudah matang, angkat. Siram dengan sisa bumbu bakar.

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.