Resep Opor Ayam Kutai

Resep Opor Ayam Kutai – Opor ayam tentu tidak asing bagi kita, masakan ini menjadi favorit dalam berbagai suasana, di Indonesia opor ayam identik dengan hari besar Islam seperti Lebaran. Nah kali ini resep opor ayam ini berbeda karena berasal dari Kalimantan. Berbeda dalam hal racikan bumbunya. Umumnya opor hanya memakai air santan kelapa saja, namun opor ayam kutai ini, memakai sentuhan kelapa parut yang di sangrai.

Baca juga: Resep Karedok Khas Sunda

Kelapa yang di sangrai sampai keluar minyak, ampasnya di jadikan sebagai bumbu taburan dalam sajian opor ayam Kutai. menciptakan rasa yang berbeda. Bagi anda yang penasaran dengan keunikan rasa dari Opor Ayam Kutai ini, kami sudah siapkan resepnya untuk anda.

Bahan Resep Opor Ayam Kutai

– 1 ekor ayam atau 750 gr ayam bagian paha dan dada, potong2 sesuai selera
– 100 gr kelapa parut (ganti dengan 50 gr sediaan kelapa kering jika tak ada), sangrai
– 5 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
– 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
– 750 ml santan kental sedang
– 1 sdt/5 gr asam jawa tanpa biji, larutkan dengan 3 sdm air panas (Tambah menjadi 2 sdt/10 – gr asam jika ingin kuah lebih asam dan segar)
– minyak untuk menumis

Bumbu Halus

– 10 butir/100 gr bawang merah, cincang kasar
– 5 siung/15 gr bawang putih, cincang kasar
– 5 bh kemiri, cincang kasar
– 2 cm/10 gr jahe
– 3 cm/9 gr kunyit atau 2 sdt kunyit bubuk
– 1 sdt ketumbar bubuk
– 1/2 sdt jintan bubuk
– 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
– 1.5 sdt garam atau sesuai selera

Proses Pembuatan Resep Opor Ayam Kutai

1. Potong2 ayam sesuai selera (Lebih baik ayam dipotong ukuran kecil2 supaya ayam cepat matang saat dimasak). Cuci bersih, sisihkan.
2. Sangrai kelapa parut atau kelapa parut kering di wajan tebal dengan api antara kecil-sedang supaya tidak cepat gosong.
3. Aduk terus menerus hingga kelapa parut kering dan berwarna kuning keemasan. Angkat dari api, haluskan dengan cobek atau blender. Sisihkan.
4. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dalam blender untuk membantu proses penghancuran.
5. Tumis bumbu halus bersama lengkuas/laos dan daun jeruk purut sambil diaduk terus menerus hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum. (kurang lebih 5 menit)
6. Masukkan potongan ayam, aduk2 hingga ayam kaku dan berubah warna.
7. Pindahkan ayam berbumbu ke dalam panci ukuran besar, jika anda ingin melanjutkan memasak dengan panci.
8. Tambahkan santan, masak dengan api antara sedang-besar hingga santan mendidih. Aduk2 supaya santan tidak pecah.
9. Kecilkan api ke suhu sedang, tambahkan air asam. Masak hingga ayam benar2 empuk dan matang. Aduk sekali-kali.
10. Cicipi, tambahkan garam dan gula sesuai selera.
11. Masukkan kelapa sangrai yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Masak sebentar hingga bumbu meresap. Angkat dari api.

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.