Resep Steak Daging Sapi

Resep Steak Daging Sapi – Perlu diketahui bahwa Steak daging sapi merupakan olahan kuliner yang cukup banyak diminati di Indonesia. Namun masakan ini masih termasuk sebagai makanan mewah. kalau sobat ingin menikmati steak, harus datang ke restoran tertentu yang menyediakan makanan ini. Bagi sobat yang ingin murah meriah salah satu solusinya ialah dengan memasak steak sendiri dengan bantuan resep steak daging sapi yang sederhana, sebab tidak mungkin sama dengan yang ada di rumah makan tersebut.

Baca juga: Resep Sate Bandeng Khas Banten

Daging sapi sendiri merupakan bahan yang sering digunakan dalam steak, daging ini dipilih karena lebih enak saja. Sapi memang lebih enak diolah menjadi makanan seperti ini dari pada kambing. Disini juna menggunakan saus tomat yang sudah terkenal. Lezat serta empuk daging sapi dipadu saus tomat menjadi bercitarasa kuat dan sedap nikmat. Untuk hidangan Steak ini sobat harus memilih bagian sirloin ataupun tenderloin. Berikut cara membuat steak daging hewan sapi.

Bahan Utama Resep Steak Daging Sapi

– 3 iris besar steak daging sirloin
– 3 buah kentang (potong, rebus)
– 1 buah wortel (potong, rebus)
– 3 buah buncis (potong, rebus)
– 1 sdm mentega

Bumbu Steak

– 3 sdt kecap asin
– 3 sdm minyak goreng
– 1/4 sdt soda kue
– 3 sdm saus tiram
– garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan dan Bumbu Saus Steak

– 1/2 bagian bawang bombay (cincang halus)
– 1 gelas sedang air
– 3 sdm tepung meizena
– garam secukupnya
– 3 sdm kecap manis
– 1 sdt kecap inggris
– 3 sdm saus tomat
– 2 sdt gula palm

Cara Membubu Steak Daging Sapi

1. Pertama-tama, kita awali langkah pada resep yang akan kami jelaskan kali ini dengan terlebih dahulu memberikan bumbu atau melumuri daging steak dengan bumbu hingga meresap dan semua bagian daging, baik disisi belakang maupun dibagian depan terlumuri dengan merata oleh bumbu yang sudah terlebih dahulu kita siapkan.

2. Setelah daging dilumuri dengan bumbu secara merata. Jangan terlebih dahulu dimasak atau diberikan bahan lain. Kita diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 30 menit agar bumbu yang kita masukkan dan kita lumuri tadi bisa meresap kedalam daging, sehingga ketika kita memanggang daging. Maka bagian daging akan dapat memiliki rasa yang lezat dan nikmat.

3. Setelah didiamkan dengan waktu 30 menit dan bumbu meresap pada daging secara merata. Barulah anda siap untuk memanggang daging. Untuk memanggang daging steak, jika anda sulit menemukan pemanggang steak atau alat panggangan steak yang khusus. Anda bisa menggunakan pan atau wajan anti lengket dengan melumuri bagian dasar pan dengan mentega kemudian panggang hingga kecoklatan dan matang.

Proses Pembuatan Saus Steak

1. Nah, setelah selesai memanggang daging hingga matang. Selanjutnya kita akan buat saus steaknya. Untuk membuat saus steak, panaskan mentega dalam wajan kemudian tumis bawang bombay hingga tercium bau aroma harum dan bawang menjadi lebih layu.

2. Setelah bawang layu, baru masukkan semua bahan saus kecuali tepung mazeina. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak ada bagian saus yang menggumpal. Masukkan juga bumbu seperti garam dan gula, kemudian cicipi hingga bumbu dirasa pas.

3. Setelah bumbu dirasa pas, larutkan tepung mazeina dengan sedikit air dan tuangkan pada tumisan saus, aduk-aduk hingga saus mengental dan merata.

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.